Memanfaatkan Inspect Element Pada Blogger

Sebagian orang mungkin sudah memahami bagaimana cara memanfaatkan inspect element pada blogger, karena sifat dari inspect element bisa menjadi boomerang bagi para blogger, ada sisi baik dan buruknya sendiri. Bagi kalian yang masih pemula di dalam dunia blogging pasti akan bertanya mengenai fungsinya bahkan ada yang tidak memahami apa itu inspect element.

Pengertian inspect element

Inspect element adalah fitur tambahan yang terdapat disetiap browser internet, fitur ini dapat kita gunakan bila kita online melalui PC desktop. Cara mengaksesnya cukup mudah, kalian bisa menggunakan klik kanan pada mouse atau langsung menggunakan perintah keyboard dengan menekan CTRL+U atau bisa juga CTRL+Shift+I. 

Saat kita sudah membuka akses inspect element, kita dapat mengetahui seluruh kode yang digunakan untuk membangun tampilan disuatu website atau blog. Biasanya bagi yang sudah terbiasa menggunakan fitur dari inspect element ini digunakan untuk mengedit template blog, karena kebanyakan dari blogger pasti download template yang dia gunakan dan menerapkan template tersebut tanpa melakukan edit terhadap file XML.

Manfaat Inspect Element

Bagi kalian yang ingin mengembangkan sendiri template blog dan ingin merubah, menghapus, atau bahkan menambahkan fitur yang ada di blog. Inspect element adalah jawaban nya, kalian cukup menunjuk kursor mouse pada bagian yang ingin kalian ubah tampilan, hapus, atau menambah fitur dari blog. Maka tampilan inspect element akan langsung menunjukkan bagian dari kursor mouse yang kita tunjukkan. Jika kita menunjuk bagian header atau menu dari blog, kita ingin menghapus bagian menu tersebut, caranya kita menunjuk kursor mouse pada bagian header, klik kanan, lalu pilih inspect element.

Gambar 1. Tampilan Inspect Element Pada Fakhrezy Blog

Perlu diingat! Jika kalian ingin mengedit tampilan blog secara manual, lakukan langkah dengan klik kanan mouse sesuai arah bagian penunjukkan kursor mouse yang ingin kita edit. Karena kalian akan dipandu dengan ditunjukkan bagian outer, inner, atau bagian lainnya.
Manfaat lainnya adalah kita dapat mengetahui error pada XML blog, biasanya pada template yang baru kita ganti masih terdapat beberapa error yang tidak kita inginkan. Jika di dalam preview template tersebut terdapat tampilan slideshow tetapi setelah diterapkan pada blog kita, tampilan slide show tersebut tidak muncul. Maka langkah terbaik adalah kalian membuka inspect element pada bagian tersebut dan memilih untuk membetulkan tampilan slideshow tersebut atau ingin menghapus tampilan slide show tersebut.

Tips dan Trik

Bila kalian masih belum yakin akan apa yang kalian perbuat dalam mengedit template blog, ada baiknya untuk tidak melakukan hal tersebut. Karena dikhawatirkan dapat merusak tampilan dari blog yang kita miliki. Sebagai tindakan bijak, ada baiknya sebelum melakukan inspect element kalian diminta untuk memahami terlebih dahulu dasar-dasar dalam program bahasa blog, hal ini dapat memudahkan kita jika ingin mengembangkan template yang kita punya.

Nah, bagi kalian yang ingin memanfaatkan inspect element pada blogger diminta kedewasaan nya ya. Jangan sampai maunya untung malah buntung karena kesalahan pribadi dapat merusak tampilan blog yang kita punya, bila ada yang perlu didiskusikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar. Terimakasih

10 Responses to "Memanfaatkan Inspect Element Pada Blogger"

  1. Bener sih bisa dipake edit html blog, nice gan!

    ReplyDelete
  2. Mantap nih buat ngedit2 sesuatu untuk diambil ss

    ReplyDelete
  3. Baru tau saya gan. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  4. Klo ane sh baru denger tentang inspect ya maklumlah newbie

    ReplyDelete
  5. Klo ane sh baru denger tentang inspect ya maklumlah newbie

    ReplyDelete
  6. codings give me headaches hahaha

    ReplyDelete
  7. tujuan isnpect element ini tentunya sangat baik.. namun sudah banyak juga oknum-oknum tertentu yang menyalahgunakannya.

    ReplyDelete
  8. Terbaik tipsnya.

    Selamat maju jaya dalam dunia blogging !

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar setelah membaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel